Senin, 18 Juli 2011

magnet

MAGNET
Materi Belajar
Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik besi, baja dan benda-benda yang mengandung besi dan baja. Setiap magnet memiliki dua ujung yang masing-masing ujungnya dinamakan kutub utara dan kutub selatan. Bagian magnet bergantung pada jaraknya terhadap kutub magnet, semakin dekat ke kutub magnet maka semakin kuat tarikannya. Daerah disekitar yang terkena pengaruh oeh magnet disebut medan magnet, besar kecilnya pengaruh magnet bergantung pada jarak magnet terhadap tempat itu. Hal ini dapat diketahui dengan meletakkan benda yang dapat ditarik magnet pada magnet tersebut. Salah satu sifat magnet adalah kutub-kutub yanng senama menghasikan reaksi tolak menolak dan apabila kutub berbeda maka magnet akan saling tarik menarik
Hal ini dapat diketahui dari kompas yang biasa digunakan untuk menunjukkan arah utara sampai selatan. Tidak semua benda di alam ini dapat dipengaruhi magnet. Besi atau baja dapat dijadikan magnet buatan dengan cara induksi, besi atau baja tersebut ditempelkan langsung pada salah satu kutub magnet atau dengan cara mendekatkan kedua benda tersebut ke salah satu kutub magnet tersebut. Elektromagnet dapat terjadi apabila bahan besi atau baja dililiti dengan kawat yang dialiri arus listrik, pada prinsipnya cara yang demikian ini disebabkan karena arus listrik yang dapat menimbulkan medan magnet.
Alat Dan Bahan
·         Magnet batang
·         Kayu
·         Aluminium
·         Penjepit kertas
·         Paku
·         Mistar plastik
·         Baterai
·         Kabel

1.        Percobaan I
Tujuan Percobaan
·         Melalui percobaan magnet, siswa dapat menunjukkan benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet
Cara Kerja
1.      Siapkanlah potongan aluminium, penjepit kertas, potongan kayu, paku, kertas, dan mistar plastik.
2.      Dekatkanlah sebuah penjepit kertas dengan ujung magnet. Amati dan catat hasil pengamatan anda.
3.      Ulangi cara kerja nomor 2 dengan mengganti penjepit kertas dengan paku, kertas, mistar plastik, potongan kayu dan aluminium.
4.      Amati dan catat hasil pengamatan anda.
                   Gambar 5.1. Pengaruh gaya magnet pada beberapa benda

2.        Percobaan II
Tujuan Percobaan
·         Melalui percobaan magnet, siswa dapat menjelaskan bahwa kutub-kutub magnet senama saling tolak menolak dan yang tak senama saling tarik menarik
Cara Kerja
1.      Siapkanlah dua buah magnet di atas meja.
2.      Langkah pertama adalah dengan mendekatkan kedua magnet pada kutub yang berbeda. Apakah yang terjadi ?
3.      Langkah kedua adalah dengan mendekatkan kedua magnet pada kutub yang sama. Apakah yang terjadi?

        
Gambar 5.2. (a) Dua magnet yang berdekatan dengan kutub berbeda.
(b) dua magnet dengan kutub yang sama

3.        Percobaan III
Tujuan Percobaan
·         Melalui percobaan magnet, siswa dapat membuat magnet buatan secara induksi dan gosokan
Cara Kerja
1.      Ujilah terlebih dahulu sifat magnetik dari paku besar dengan mendekatkannya pada paku-paku kecil
              
2.      Apa yang dapat anda amati?
3.      Siapkan sebatang magnet dan paku besar tadi. Kemudian gosok-gosokkan magnet pada paku dengan gerakan yang searah selama beberapa saat.
                       
4.      Setelah itu, cobalah dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil.
            
5.      Apa yang anda amati?
6.      Untuk percobaan berikutnya, siapkan dua buah baterai yang disambung secara paralel. Lilitkan kawat tembaga kabel pada paku sedemikian rupa sehingga membentuk kumparan.
7.      Hubungkan kumparan paku tersebut dengan kedua  buah baterai. Kemudian dekatkan ujung kumparan paku pada paku-paku kecil.
8.      Apa yang terjadi?. Catat hasil percobaan anda.
9.      Cobalah mendekatkan kumparan paku tersebut dengan benda-benda lain. Catatlah benda-benda apa saja yang dapat ditarikoleh kumparan paku tersebut yang sudah memiliki sifat magnet.


ᴔᴔ≈≈≈≈≈  Selamat Mencoba ≈≈≈≈≈ᴔᴔ


LEMBAR PENGAMATAN


 



Percobaan I

Nama Benda
Dapat ditarik magnet
Ya
Tidak
Aluminium


Penjepit kertas


Kayu


Paku


Kertas


Plastik



·         Dari benda-benda tersebut di atas, yang tergolong ke dalam ferromagnetik adalah .............
................................................................................................................................................
·         Dari benda-benda tersebut di atas, yang tergolong ke dalam paramagnetik adalah .............
................................................................................................................................................
·         Dari benda-benda tersebut di atas, yang tergolong ke dalam diamagnetik adalah .............
................................................................................................................................................


Percobaan II

Magnet I
Magnet II
Gaya yang terjadi
Tolak-menolak
Tarik-menarik
Kutub U
Kutub U


Kutub S
Kutub S


Kutub U
Kutub S


Kutub S
Kutub U



Percobaaan III
A.      Pembuatan magnet secara penggosokkan
Paku Besar
Dapat menarik paku kecil
Sebelum digosok dengan magnet
Ya
Tidak
Sesudah digosok dengan magnet


Jadi, setelah dilakukan penggosokan magnet pada paku besar, apakah paku besar tersebut memiliki sifat magnet ?



Mengapa penggosokkan harus dilakukan dengan arah satu arah saja ? ...................................
...................................................................................................................................................

B.       Pembuatan magnet induksi
Paku Besar
Dapat menarik paku kecil
Sebelum dililit dengan kawat tembaga dan dihubungkan dengan sumber arus
Ya
Tidak
Sesudah dililit dengan kawat tembaga dan dihubungkan dengan sumber arus



Berapa lilitan kawat tembaga yang anda lilitkan pada paku besar .............................................
Pada percobaan tersebut, energi .................. diubah menjadi .........................

Kesimpulan
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar