Senin, 11 Mei 2020

PROPILEN GLIKOL


Etilen Glikol/propilen glikol

Meskipun digunakan dalam kosmetik, sintesis kimia, dan aplikasi lain, kebanyakan etilena glikol digunakan sebagai bahan utama formulasi antibeku dan antibodi untuk radiator mobil.


Etilen glikol (titik leleh, -13°C; titik didih, 198°C) disintesis oleh oksidasi etilena menjadi etilen oksida, diikuti oleh hidrolisis senyawa yang terakhir:

Paparan toksik terhadap etilen glikol jarang terjadi karena tekanan uapnya yang rendah, tetapi terhirup tetesannya bisa sangat berbahaya. Sejumlah besar kematian manusia yang disebabkan oleh keracunan etilena glikol telah didokumentasikan. Dari terbatasnya informasi yang tersedia, LD50 Untuk manusia diperkirakan sekitar 110 g. Etilen glikol yang dicerna awalnya merangsang pusat sistem saraf, dan kemudian menekannya. Korban dapat menderita asidemia dari kehadiran perantara asam glikolat metabolit. Kerusakan ginjal terjadi kemudian, dan bisa berakibat fatal. Ginjal rusak karena pengendapan kalsium oksalat padat, yang dihasilkan dari keseluruhan proses berikut:
Perantara penting dalam proses ini adalah glikolaldehida, glikolat, dan glioksilat:
Gagal ginjal dari pembentukan metabolisme kalsium oksalat telah umum terjadi pada kucing spesies, yang memiliki selera rakus untuk etilen glikol dalam antibeku. Deposit kalsium padat oksalat juga telah diamati di hati dan jaringan otak korban keracunan etilen glikol.

Manahan, Stanley E., Toxicological chemistry and biochemistry, 2002:309


Gliserol MUNGKIN AMAN bila diminum dalam waktu singkat. Gliserol dapat menyebabkan efek samping termasuk sakit kepala, pusing, kembung, mual, muntah, haus, dan diare.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar