Selasa, 18 Oktober 2011

Penentuan BM senyawa volatil berdasarkan massa jenis

PERCOBAAN I
Banyak senyawa-senyawa kimia dalam wujud cair yang memiliki sifat mudah menguap, terutama senyawa-senyawa organik, sehingga penentuan massa molekulnya dapat dilakukan berdasarkan pada massa jenis gas yang terjadi pada proses penguapannya. Secara matematika massa jenis zat dinyatakan dengan persamaan
                       
dengan ρ adalah massa jenis (g.mL-1); w adalah massa gas (g); dan V adalah volum gas. Dengan demikian, jika mengetahui berapa jumlah volum gas yang dihasilkan dalam proses penuapan sejumlah massa gas tersebut, maka massa jenisnya dapat diketahui.
Pada kondisi-kondisi tertentu, gas yang terjadi dapat dianggap bersifat ideal. Oleh karena itu, persamaan gas ideal dapat diterapkan terhadap gas tersebut.
                        PV = nRT
dengan P adalah tekanan gas (atm); V adalah volum gas (Liter); n adalah jumlah mol gas (mol); R adalah tetapan gas ideal (L.atm.K-1.mol-1); dan T adalah temperatur gas (Kelvin).
Sementara itu, jumlah mol gas dinyatakan dengan persamaan
Dengan Mr adalah massa molekul gas. Sehingga akan didapat persamaan,
 atau 
Jika syarat-syarat untuk gas ideal tidak terpenuhi, maka persamaan di atas tidak dapat digunakan untuk penentuan massa molekul tersebut.

..............


PERCOBAAN II
Metode percobaan menggunakan cara Dumas
Dalam percobaan ini sejumlah zat cair yang massanya diketahui dipanaskan dalam ruang tertentu (bola Dumas) pada temperatur dan tekanan tertentu. Volum gas yang terjadi diukur sesuai dengan volum bola Dumas dan massa gasnya dapat ditentukan.


untuk selengkapnya, klik disini ....
http://www.mediafire.com/?h86ezw917t36gct

Tidak ada komentar:

Posting Komentar